Free Download K-Drama, K-Movie, Variety Show, dan masih banyak lagii!! Selamat Nonton TV Korea ^_^

Thursday 16 August 2018

Penggunaan Kata Kerja dalam Bahasa Korea

Penggunaan Kata Kerja dalam Bahasa Korea


Materi selanjutnya merupakan materi mengenai penggunaan kata kerja. Sebelum Anda mulai mempelajari materi ini, sebaiknya Anda kuasai terlebih dahulu materi sebelumnya, yaitu Alphabet Dasar Korea dan Cara Menulis dan Membaca Huruf Hangeul

Tidak seperti bahasa Inggris, penggunaan grammar kata kerja pada bahasa Korea lebih mudah dan simpel. Sebagai contoh, dalam bahasa Inggris kita mungkin akan mengucapkan "Are you hungry?". Tetapi, dalam bahasa Korea cukup ucapkan "Hungry?" untuk menanyakan maksud yang sama.

Sebelum masuk lebih jauh, ada satu hal penting yang harus Anda perhatikan dalam bahasa Korea. Budaya orang Korea sangat menjunjung tinggi status dan kehormatan dalam berinteraksi. Ketika berbicara dengan orang yang lebih tua dari Anda, akan berbeda jika Anda berbicara dengan orang yang lebih muda. Begitu pula jika Anda berbicara dengan orang yang memiliki pangkat atau jabatan lebih tinggi dari Anda. Intinya, budaya orang Korea sangat menghormati kesopanan dalam berbicara.

Untuk menunjukkan kesopanan, Anda dapat menambahkan kata akhiran sesuai tingkatan kesopanan. Terdapat tiga tingkatan kata kerja yang digunakan, yaitu :
1. Akhiran formal = ㅂ니다 / 습니다
2. Akhiran sopan = 어요 / 아요
3. Akhiran biasa = 어 / 아

Akhiran formal (ㅂ니다 / 습니다) biasanya digunakan ketika kita berbicara dalam keadaan resmi atau kepada orang yang lebih tua dan baru kita kenal. Akhiran ini juga lebih sering digunakan pada bahasa tulisan (resmi). Akhiran ㅂ니다 digunakan ketika huruf terakhir kata kerja merupakan huruf vokal, sedangan 습니다 digunakan ketika huruf terakhir kata kerja merupakan huruf konsonan.

Akhiran sopan (어요 / 아요) biasanya digunakan ketika kita berbicara dengan orang yang lebih tua namun sudah kenal akrab. Akhiran ini menunjukkan kesopanan kita dalam berbicara. 아요 digunakan ketika huruf terakhir kata kerja merupakan huruf ㅗ atau ㅏ. Selain huruf itu, gunakan 어요.

Akhiran biasa (어 / 아) biasanya digunakan ketika kita berbicara dengan orang yang lebih muda dari kita atau dengan orang yang sudah akrab dengan kita. Akhiran ini dapat juga dianggap sebagai bentuk akhiran non-formal. Penggunaan akhiran 어 / 아  sama seperti pada penggunaan akhiran sopan (어요 / 아요).

Nah, untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh-contoh kata kerja yang biasanya sering digunakan berikut ini.

1. Kata "Memiliki"
Asal Kata / Bentuk Kamus = 있 / 있다
Akhiran Formal = 있습니다
Akhiran Sopan =  있어요
Akhiran Biasa = 있어

2. Kata "Baik/Baik-baik saja"
Asal Kata / Bentuk Kamus = 좋 / 좋다
Akhiran Formal = 좋습니다
Akhiran Sopan = 좋아요
Akhiran Biasa = 좋아

3. Kata "Pergi" (Irregular)
Asal Kata / Bentuk Kamus = 가 / 가다
Akhiran Formal = 갑니다
Akhiran Sopan = 가요
Akhiran Biasa = 가

Baca Juga : Penggunaan Angka dan Bilangan dalam Bahasa Korea

4. Kata "Tidak Memiliki"
Asal Kata / Bentuk Kamus = 없 / 없다
Akhiran Formal = 없습니다
Akhiran Sopan = 없어요
Akhiran Biasa = 없어

5. Kata "Melakukan Sesuatu" (Irregular)
Asal Kata / Bentuk Kamus = 하 / 하다
Akhiran Formal = 합니다
Akhiran Sopan = 해요
Akhiran Biasa = 해

Contohnya pada kalimat 감사 합니다 yang berarti terima kasih. Secara bahasa, 감사 berarti "terima kasih" dan 합니다 berarti "melakukan sesuatu". Namun, dalam bahasa Korea, hal itu menjadi lebih simpel, kata 합니다 hanya menjelaskan bahwa Anda melakukan sesuatu yaitu berterima kasih.

Nah, seperti itulah penggunaan kata kerja dalam bahasa Korea. Pada contoh di atas, terdapat beberapa kata kerja yang memiliki akhiran tidak sesuai aturan. Kata kerja tersebut merupakan kata kerja irregular yang akan dibahas di postingan "Kata Kerja Regular dan Irregular Bahasa Korea". Semoga pengetahuan Anda tentang bahasa Korea meningkat dengan membaca artikel di atas. Terima kasih telah berkunjung.

---감사 합니다---

0 comments:

Post a Comment

Recommended to Download

Download Kdrama The Ghost Detective Eps 8

DOWNLOAD KOREAN DRAMA "THE GHOST DETECTIVE" Episode 7 - 8 Sub Indo Drama Title :  The Ghost Detective / Today's P...

Popular This Week

Download More, Click :

nontontvkorea.blogspot.com | est. 2018. Powered by Blogger.