Free Download K-Drama, K-Movie, Variety Show, dan masih banyak lagii!! Selamat Nonton TV Korea ^_^

Thursday 16 August 2018

Kata Kerja Regular dan Irregular Bahasa Korea

Kata Kerja Regular dan Irregular Bahasa Korea


Postingan kali ini, merupakan lanjutan dari materi sebelumnya yaitu Penggunaan Kata Kerja dalam Bahasa Korea. Dalam bahasa Korea, kata kerja juga dibagi menjadi dua, yaitu kata kerja regular dan irregular. Berbeda dengan bahasa Inggris, kata kerja irregular dalam bahasa Korea pada dasarnya hanya untuk mempermudah pengucapan kita, sehingga penggunaannya lebih sederhana. Perbedaan kata kerja regular dan irregular dalam bahasa Korea hanya terletak pada akhirannya saja.

Kata Kerja Regular

Kata kerja regular telah dicontohkan sebelumnya pada postingan Penggunaan Kata Kerja dalam Bahasa Korea. Kata kerja ini memiliki akhiran seperti yang telah dijelaskan, yaitu akhiran formal ( ㅂ니다 / 습니다), akhiran sopan (어요 / 아요) dan akhiran biasa (어 / 아) yang digunakan sesuai aturan yang berlaku. 
Contoh :
1. 좋아요
2. 있습니다
3. 내가

Kata Kerja Irregular

Penggunaan akhiran yang tidak sesuai aturan pada kata kerja irregular dimaksudkan untuk memudahkan penulisan dan pengucapan suatu kata dalam bahasa Korea. Tipsnya, perhatikan huruf vokal kata kerja dan akhiran. Biasanya kata kerja irregular mengandung huruf vokal gabungan dari keduanya untuk mempermudah pengucapan. Berikut ini beberapa contoh kata kerja irregular yang paling umum digunakan dan dapat diterapkan pada kata kerja irregular lainnya.

1. Kata "Bertemu" (만나다 / 만나)
Kata kerja dengan akhiran ㅏ biasanya ditulis lebih singkat dalam akhiran sopan dan biasa. Jika mengikuti aturan yang ada, seharusnya ditulis 만나아요, namun agar lebih singkat dan mudah diubah menjadi 만나요. Kata lain yang memiliki penerapan yang sama yaitu 가요 (가다), 사요 (사다) dan 서요 (서다).

2. Kata "Minum" (마시다 / 마시)
Kata 마시 memiliki huruf terakhir ㅣ. Jika sesuai aturan, maka kita seharusnya menuliskan 마시어요 (akhiran sopan). Namun, orang Korea cenderung mempermudah pengucapan dimana huruf ㅣ + ㅓ  menjadi ㅕ. Sehingga kata yang tepat digunakan adalah 마셔요. Kata lain yang memiliki kasus yang sama meliputi, 가르쳐요 (가르치다), 기다려요 (기다리다) dan 져요 (지다).

3. Kata "Datang" (오다 / 오)
Kata 오다 memiliki asal kata 오 dengan huruf akhir ㅗ. Seharusnya, dalam akhiran sopan kata 오 menjadi 오아요. Lagi-lagi untuk mempermudah pengucapan dan penulisan digunakanlah 와요 yang menggabungkan ㅗ dan ㅏ menjadi ㅘ. Hal ini dapat juga digunakan pada kata lain seperti, 갔다와요 (갔다오다) dan 나와요 (나오다).

4. Kata "Sibuk" (바쁘다 / 바쁘)
Kata 바쁘다 seharusnya menggunakan akhiran 바쁘아요. Namun, untuk mempermudah, huruf  ㅡ dihilangkan menjadi 바빠요. Pada kasus lain, kata dengan akhiran ㅡ dapat menggunakan akhiran ㅏ요 maupun ㅓ요 sesuai dengan bunyi pada huruf sebelumnya. Contohnya, 나빠요 (바쁘다), 예뻐요 (예쁘다) dan 써요 (쓰다).

Baca juga : Ungkapan Romantis dalam Bahasa Korea

5. Kata "Tidak Tahu" (모르다 / 모르)
Berbeda dengan aturan sebelumnya pada nomer 4, yang menjelaskan akhiran kata kerja dengan huruf akhir ㅡ, kata kerja yang memiliki huruf akhir 르 harus digunakan aturan lain. Yaitu menambahkan huruf ㄹ sebelum akhira 아요. Sehingga kata 모르 menjadi 몰라요. Kata lain yang memiliki prinsip yang sama yaitu 잘라요 (자르다), 불러요 (부르다) dan 빨라요 (빠르다).

6. Kata "Panas" (덥다 / 덥)
Asal kata dengan huruf akhir ㅂ seperti 덥다 harus mengikuti aturan tersendiri. Pertama, ganti huruf ㅂ dengan huruf 우. Kedua, karena berakhir dengan huruf 우, maka digunakan akhiran 어요. Untuk mempermudah pengucapan gabungkan huruf 우 dan ㅓ menjadi 워. Sehingga, kata dengan huruf akhir ㅂ harus menggunakan akhiran 워요. Contohnya adalah 더워요 (덥다), 어려워요 (어렵다) dan 즐거워요 (즐겁다).

7. Kata "Melakukan Sesuatu" (하다 / 하)
Kata kerja ini memiliki pengecualian yang berbeda. Khusus kata kerja 하다, dalam akhiran sopan dan biasa digunakan 해요 dan 해.

Nah, seperti itulah penggunaan kata kerja regular dan irregular dalam bahasa Korea. Perlu diperhatikan Anda berbicara dengan siapa, gunakan kata kerja bentuk sopan ataupun casual sesuai kondisi yang ada. Dalam berbicara dengan orang Korea, selalu perhatikan kesopanan terhadap status sosial, karena hal tersebut sangat dijunjung tinggi orang-orang Korea.

Semoga bermanfaat, terima kasih telah berkunjung.

---감사 합니다---

0 comments:

Post a Comment

Recommended to Download

Download Kdrama The Ghost Detective Eps 8

DOWNLOAD KOREAN DRAMA "THE GHOST DETECTIVE" Episode 7 - 8 Sub Indo Drama Title :  The Ghost Detective / Today's P...

Popular This Week

Download More, Click :

nontontvkorea.blogspot.com | est. 2018. Powered by Blogger.